CARA BAYAR PAJAK KENDARAAN DI APLIKASI SAMBARA

Cara Bayar Pajak Kendaraan di Aplikasi SAMBARA – Postingan awal di tahun 2019 ini saya akan coba memberikan pengalaman membayar pajak kendaraan bermotor dari aplikasi SAMBARA. Aplikasi SAMBARA (Samsat Mobile Jawa Barat) adalah sebuah aplikasi mobile yang dikembangkan oleh BAPENDA Jawa Barat untuk mempermudah berbagai keperluan yang berhubungan dengan administrasi suatu kendaraan bermotor.

Beberapa fitur yang ada di aplikasi SAMBARA diantaranya; Info PKB, Informasi Pelayanan Samsat, Jadwal Samsat Keliling dan lain sebagainya.

Bagaimana cara membayar pajak kendaraan dari aplikasi SAMBARA?

Pertama kita harus unduh terlebih dan pasang aplikasi SAMBARA melalui Google Play Store. Buka aplikasi SAMBARA dan pilih menu “Info PKB”. Lalu masukkan nomor Plat Kendaraan Bermotor (PKB). Dibagian bawah kolom PKB, akan muncul pilihan Hitam, Merah, Kuning. Maksudnya adalah apa jenis warna nomor PKB kendaraan. Hitam adalah kendaraan pribadi, Merah adalah kendaraan dinas pemerintah, Kuning adalah kendaraan umum.

Setelah nomor PKB dimasukkan disertai warna jenisnya, maka nanti akan muncul informasi seputar kendaraan dan informasi pejak kendaraan dan PNBP. Nanti di bagian bawah akan muncul sebuah notifikasi “Lanjut Daftar Online?”. Jika kita akan melakukan pembayaran pajak kendaraan, pilih opsi “Ya”.

Setelah itu akan muncul halaman Daftar yang berisikan kolom No KTP / NPWP dan No Rangka (5 Digit Akhir). Masukkan nomor KTP sesuai yang terdaftar di STNK dan 5 Digit Akhir dari nomor rangka kendaraan (ada di STNK juga). Setelah nomor KTP dan 5 Digit Akhir nomor rangka telah benar, maka akan muncul Kode Bayar. Kode bayar inilah yang nanti kita gunakan sebagai kode untuk membayar pajak kendaraan.

Pembayaran sendiri bisa dilakukan melalui ATM Bank BJB, mini market seperti Indomaret / Alfamart dan website e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Di sini saya telah mencoba membayar pajak kendaraan melalui Tokopedia. Di website Tokopedia pilih saja menu Pembayaran & Top Up lalu pilih E-Samsat. Masukkan Kode Bayar yang telah didapatkan. Setelah itu akan muncul berapa biaya yang harus kita bayarkan kemudian ikuti petunjuk-petunjuk yang muncul hingga proses pembayaran selesai dilakukan.

Setelah proses pembayaran selesai selanjutnya kita akan mendapatkan email notifikasi mengenai status pembayaran. Silahkan print email tersebut lalu siapkan foto copy STNK (dan asli) dan foto copy KTP (dan asli) yang NIK nya sama dengan di STNK untuk dibawa ke kantor Samsat dan dilakukan pengesahan maksimal 30 hari setelah pembayaran. Jika pembayarannya melalui ATM ataupun mini market, simpan dan bawa struk bukti pembayarannya.

Setelah bayar apakah harus tetap ke kantor Samsat?

Iya betul, sebab STNK tetap harus disahkan oleh pihak Samsat walaupun di sistem Samsat pajak kendaraan kita sudah dibayarkan / diperpanjang masa aktifnya. Sebab kalau ada razia kendaraan di jalan, pihak kepolisian lihatnya surat-surat kendaraan yang telah disahkan.

Itulah sedikit cerita mengenai informasi dan pengalaman saya melakukan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi SAMBARA dan membayarnya di Tokopedia. Semoga informasi ini bermanfaat.

This article has 40 comments

  1. buat cetak skpd nya harus bawa ktp asli ya? atau cukup potokopian aja?

    • dari pengalaman saya, kalau dari SAMBARA dan pembayarannya sudah dilakukan secara online (transfer bank / bukalapak / tokopedia), nanti di samsat cukup kasih struk ATM / print bukti pembayarannya ke loket BJB disertakan dengan STNK Aslinya untuk disahkan. KTP Asli tidak diperlukan.

      • Apakah bener mas kalau waktu pengesahan ke samsat tidak perlu ktp asli lagi??
        Gimana kalau sudah pembayaran pas pengesahan di minta ktp asli dan tidak adak ktp asli sesuai stnk? Apakah hangus pembayaranya?

        • Dari pengalaman saya sendiri, saat di bagian informasi samsat hanya menyuruh saya menyerahkan bukti pembayaran (saya bayar via Tokopedia) dan STNK asli ke loket pembayaran BJB.

  2. Kalo bayar pajak per 5 thn prosesnya sama ga ?

  3. Cetak stnk nya dimana gan?

  4. Yang dimaksud skpd itu apa sama dengan notice pajak yang warna coklat di stnk itu ya. Tempat cetak skpd dan pengesahan stnk apa jadi satu loket, pengalaman anda cetak dan pengesahan stnk dimana dan alamatnya dimana soalnya saya jauh dari luar kota biar gak kesasar dan mau coba bayar pajak motor lewat aplikasi sambara. Terima-kasih infonya.

  5. Yang dimaksud skpd itu apa notice pajak yang warna coklat di stnk. Untuk cetak skpd dan pengesahan stnk apa jadi satu loket, pengalaman anda cetak skpd dan pengesahan stnk dimana dan alamatnya mana ? saya jauh dari luar kota mau coba bayar pajak motor lewat aplikasi online sambara dan sekaligus mau pengesahan stnk-nya biar gak kesasar. Terma-kasih infonya.

    • Betul, SKPD itu yang berwarna cokelat, dan waktu di samsat saya berikan semuanya (SKPD dan STNK) ke loket pembayaran di samsat. Karena domisili saya di Cirebon maka saat pengesahan dilakukan di kantor samsat kota Cirebon. ๐Ÿ™‚

  6. Punya saya di PKB tertera Rp. 261.300 yg hrs dibayar, sedangkan ketika coba transaksi di bukalapak cuma Rp. 241.300. Itu gmn ya, apakah nanti kekurangannya ditagih lg? Atau sdh saja sesuai yg tertera di bukti pembayaran?

  7. Untuk cabut berkas biaya brapa bos ya kiranya??

  8. Apakah pengesahan bisa di lakukan di Samsat online? Dikarenakan lokasi Samsat jauh di banding Samsat online yg lebih dekat dari lokasi saya

  9. Td pagi saya datang kpolsek terdekat katanya bz bayar pajak dstu agar tdk terlalu jauh klw harus ke samsat bogor, tp stlh melakukan pembayaran trnyta polseknya pake aplikasi sambara trus menyuruh saya untuk melakukan transfer via indomart, yg mengesalkan stelah saya melakukan pembayaran si pak polisinya cetak SKPD tp pas sya liat hasilnya kok aneh, blanko SKPD yg dgunakan tdk sprti pda umumnya, jd si pa polisi nyetak pake kertas HVS biasa, sya kompline pak polisinya jawab โ€œmemang sprti itu hasil cetakannya pake kertas HVS klw bayar online mahโ€ ๐Ÿ˜ก dgn rasa tdk puasa alhasil sya pergi ke samsat bogor dan mmpertanyakam trkait bahan kertas yg dgunakan knp harus pake kertas HVS pak kan kliatannya kya boongan gtu trus klw pake HVS cetakannya mudah luntur pula,,,

    ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ ada yg sma ga masalahnya kya saya

  10. Apakah untuk plat bekasi gak bisa pake e samsat jabar ya.

    Saya sdh download app sambara dan masuk ke info pkb, pajak dan jenis kenderaannya keluar hanya gak ada link untuk lanjutannya..

    Apakah salah caranya atau gimana..tolong dibantu apakah caranya sdh benar atau belum

  11. perlu bawa bpkb asli atau hanya fotocopy

  12. Pak, mau tanya. Kalau misalkan tanggal jatuh tempo STNK 2 Mei, kemudian saya bayar online via marketplace tanggal 2 Mei atau sebelum tanggal itu, apakah pengesahan ke samsatnya bisa lewat dari tanggal tersebut?

  13. Domisili saya d kab bekasi sesuai dgn KTP, apakah bisa untuk pengesahan STNK di lakukan di samsat terdekat, atau apakah harus sesuai dgn samsat yg tertera di stnk, misal polda metro jaya. Mhn informasinya

  14. Klo d tempat saya ( kab s*bang – jab*r ) bukti bayar nya hrs d cetak + ktp asli jg hrs d bw.

  15. kemaren bayar pajak di samsat depok dokumen nya fotocopy KTP, STNK, BPKB dan bukti pembayaran e-SKPD.

  16. Apakah setelah pembayaran online bisa di sahkan di polsek terdekat?

  17. kang mau tanya, saya sudah download aplikasi sambara, setelah saya masukan no nik (KTP) dan 5 digit terakhir no rangka kendaraan muncul jawaban “DATA TIDAK DITEMUKAN” Kenapa bisa begitu ya.? padahaal semua data yang say input semua sudah benar. menggunakan KTP dan STNK Asli Atas nama sayaa sendiri. terimakasih.

  18. Kalau pakai ktp belum e-ktp ( masih ada tgl kadaluarsa & sudah habis masanya) bisa nggak dapat pengesahan kang, apa harus ganti sesuai e ktp dulu, kalau harus apa biayanya sama dengan balik nama kendaraan
    Terimakasih

  19. Dear Pak Angga,

    sebelumnya saya menjelaskan dahulu bahwa mobil saya second hand
    yang saya mau tanyakan
    apabila kita melakukan via tokopedia, apakah email notifikasinya ke email pemilik kendaraan nya?
    konfirmasi sekali lagi, bahwa KTP asli tidak diperlukan ya?
    mohon konirmasinya

  20. […] apakabar? Sudah lama sekali saya tidak update blog sejak terakhir menginformasikan mengenai “Cara Bayar Pajak Kendaraan di Aplikasi Sambara” yang saya post pada bulan Januari 2019. Sekarang sudah bulan Juli 2019, berarti setengah […]

Leave a Reply